Senin, 16 Agustus 2010

Membuat game 2 dimensi dengan mudah


Pada artikel kali ini saya akan menulis tentang Pembuatan Game 2 Dimensi. Selain untuk menambah dan berbagi wawasan, Langsung saja agar tidak berpanjang lebar lagi, saya akan membahasnya.
Sebelum masuk kepada teknologi pembuatan game 2D, maka ada baiknya telebih dahulu

kita mengetahui sejarah game itu sendiri. Game dapat diartikan sebagai hiburan, dikatakan sebagai hiburan karena dapat memberikan kepuasan dan dapat menghilangkan kejenuhan bagi orang yang memainkannya. Bagi mereka yang sudah kecanduan bermain game bahkan terkadang tidak mengenal waktu, dari anak-anak hingga dewasa sangat menikmati jika mereka sudah berada dalam permainan tersebut. Game pertama kali muncul pada tahun 1977, yaitu berupa konsole game yang diberi nama ATARI 2600, kemudian setelah ATARI 2600 dianggap sukses dipasaran, maka dikembangkan lagi pada tahun 1986 ATARI 7800. Konsole game ini mengalami perkembangan dengan adanya joystick, sehingga memudahkan pengguna untuk memainkannya. Kemudian perusahaan Nintendo mengeluarkan game konsol yang diberi nama NES (Nintendo Entertaintment System) pada tahun 1985. Pada produk Nintendo inilah muncul permainan Super Mario Bros yang sangat populer. Game-game diatas adalah game yang bergrafis 2D. Setelah kemunculan Playstation dan adanya game PC maka, maka semakin berkembanglah teknologi game menjadi 3D.

Sebelum membuat game kita harus memahami konsep dari game yang akan kita buat. Konsep sangat penting, sebab disinilah kita menentukan jenis game yang akan kita buat. Karena disini saya membahas game 2D maka saya akan menunjukkan bagan konsep game 2D.

Bagan konsep game 2D


Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat game 2D, diantarnya adalah :

1. AGS ( Adventure Game Studio)

download disini

AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari kita ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle.

2. Game Maker

download disini

Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan. Dengan program ini kita dapat menciptakan game jenis apa saja yang kita inginkan contonhnya racing, action, fighting, rpg, adventure, puzzle, tactic, simulation, dll.

3. Macromedia Flash (Adobe Flash)

download disini

Program ini biasa digunakan untuk membuat presentasi atau disain web, tetapi selain itu dengan sedikit kreatifitas kita dapat membuat game sederhana dengan program ini.

Dalam membuat suatu game/permainan pastinya kita sebagai manusia sangat mungkin banyak melakukan kesalahan atau walaupun kita sudah anggap sempurna tapi belum tentu bagi orang lain. Untuk itu sangat disarankan untuk mengecek ulang atau kalau perlu meminta bantuan teman untuk mencoba memainkan dan mencari kesalahan/kelemahan yang ada pada game yang kita buat.

0 komentar:

Posting Komentar

BERI KOMENTAR DAN KRITIKAN ANDA, SUPAYA BLOG INI MENJADI LEBIH BAIK.
KOMENTAR SPAM AKAN SAYA HAPUS.