Sabtu, 05 Juni 2010

Apa itu sitemap

Hai teman-teman,gue mau cerita nih,ginini ceritannya,
ketika itu saya mau promosi blog,karena blog gue gak ada di pencarian google.
terus gue cari deh di internet cara promosi blog,ternyata kalau mau promosi blogtu harus kenalan dulu sama google,lalu gue meluncur deh ke //www.google.com/webmasters/tools/,trus gue login ke google,lalu gue klik tambah situs trus gue masukin deh url blogku.
nah setelah itu baru pokok permasalahannya,ketika itu gue klik sitemap.
gue sempat bingung juga apa itu sitemap,trus gue cari deh di internet akhirnya ketemu juga.
gininih penjelasannyaenis sitemap dibagi menjadi dia bagian yaitu:
  • General HTML sitemap, peta situs web jenis ini beruapa satu atau beberapa halaman web yang berisi semua link-link yang ada pada situs web anda. Peta situs jenis ini membantu pengunjung menemukan halaman-halaman yang mereka cari.
  • Peta situs XML, adalah sekumpulan data mengenai daftar link yang ada pada situs anda meliputi URL, prioritas, seberapa sering anda mengupdate nya dan beberapa informasi lainnya.

Dengan mengirimkan peta situs (sitemap) anda kepada Search Engine akan membantu kemunculan website anda pada search engine tersebut. Mengapa ? pada saat normal crawling search engine menerapkan beberapa macam parameter misalnya kedalaman (depth), batas waktu (timeout), seberapa penting halaman web anda (importance) dengan algoritma yang komplek.

Jadi bisa dipastikan dengan crawling normal tidak mungkin bagi search engine menelusuri satu demi satu link yang ada di website anda, karena akan sangat memakan waktu dan resource yang besar. Apalagi apabila situs web anda sangat besar / banyak. Apalagi apabila situs anda banyak mengandung AJAX atau Flash. Mengapa demikian ? Search engine hanya mengenali teks, bukan teks-teks yang berupa image seperti pada animasi Flash.

Terus bagaimana membuat XML sitemap untuk website anda ? saya akan ulas bagaimana cara membangkitkan Sitemap pada blog dan situs-situs web lainya pada artikel berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

BERI KOMENTAR DAN KRITIKAN ANDA, SUPAYA BLOG INI MENJADI LEBIH BAIK.
KOMENTAR SPAM AKAN SAYA HAPUS.