Kamis, 30 September 2010

Cara supaya blog menjadi ringan

saya sempat membaca artikel teman tentang ''cara agar blog menjadi ringan''.disitu tertulis bahwa template dapat mempengaruhi loading blog,saya pun langsung ganti template,karena template saya terlalu berat untuk dibuka.
sebenarnya blog yang ringan tuhh relatif,tergantung kecepatan koneksi kita,tapi jika kecepatan koneksinya lambat?
tidak perlu ditanya lagi,butuh waktu bermenit menit untuk mengakses blog ini secara sempurna.
berikut ini tipsnya,supaya blog anda menjadi ringan :


1. Memilih Template
Ini yang terpenting. Kita harus pandai-pandai dalam memilih template. Pilihlah template yang menggunakan sedikit elemen gambar, bahkan kalau bisa usahakan agar tidak ada gambar sama sekali dalam elemen template anda. Banyak template di internet menggunakan gambar sebagai elemennya. Gambar tersebut biasa di gunakan sebagai latar template. Lalu bagaimana mengetahui template yang menggunakan gambar? Sangat mudah, terutama bagi pengguna ponsel. Buka blog anda menggunakan program opera mini 5. Lalu arahkan kursor (tanda panah) keberbagai sudut/elemen template. Tekan tombol 1. Jika terdapat menu "Buka gambar", maka sudah di pastikan template anda sebagian besar menggunakan gambar. Untuk pengguna komputer, buka html template anda. Kemudian CTRL+F dengan keyword .jpg, atau .gif, atau .png (biasa ada di URL gambar). Jika ada banyak, maka dapat dipastikan template anda hanyalah gudang gambar.

2. Posisi Kolom Postingan.
Usahakan agar kolom postingan berada di sebelah kiri agar saat blog anda di buka, pengunjung dapat dengan mudah membaca artikel anda tanpa harus menunggu loading blog ter-load dengan sempurna.

3. Memilih Widget.
Dapat anda lihat pada blog saya. Apakah anda menemukan widget blog yang tidak berguna? Saya memasang sedikit widget blog namun tetap tidak melupakan navigasi yang memudahkan anda mengakses blog ini. Anda dapat menemukan daftar isi di menu bar saya, lalu kategori yang dapat menyesuaikan kebutuhan anda dalam meng-optimasi blog, widget cbox untuk anda meninggalkan jejak dan berpromosi, fitur search artikel, dan juga komentar terkini untuk melayani setiap komentar anda. Semua itu saya rasa sudah cukup untuk memudahkan anda menjelajahi blog ini. Apa menurut anda ada yang kurang dengan navigasi blog ini? Anda bisa berkomentar di kolom komentar.

4. Kode HTML/Script Dalam Postingan.
Anda banyak mengubah font menjadi bold, italic, atau underline. Kemudian menggunakan gambar dalam postingan. Selain itu anda juga membuat teks artikel menjadi berwarna. Semua itu menggunakan kode HTML tambahan. Saya sarankan agar anda mengurangi semua itu untuk membuat ringan setiap artikel anda di buka.

5. Kompres CSS template.
Saya sarankan agar anda mengkompres CSS template anda di CSS kompressor. Sangat banyak CSS kompressor yang ada di internet. Anda bisa gugling untuk menemukannya.

6. Link Dalam Blog.
kurangi penggunaan link dalam blog. Karena link memakan lebih banyak bandwith ketimbang teks biasa. Bahkan google sekalipun tidak suka link yang terlalu banyak dalam blog.


itu adalah sebagian tips dari saya,kalau anda mau tips yang lainya bisa googling atau blogwalking.
salam sejahtera untuk semua blogger...^^










5 komentar:

Unknown mengatakan...

maknyus infona thx

NABIEL AMRU mengatakan...

sama sama...^^

Sexy Blog mengatakan...

saya juga mengalaminya... sampai sekarang
lihat blog saya.... beratnya minta ampun.... hehehe....

NABIEL AMRU mengatakan...

@sexy : kusarankan untuk mengurangi widgednya
krn blog kamu itu memang berat banget....

thx yahh udah mau berkunjung....

angga mengatakan...

salam blogger mas.bagus artikelnya...minta pendapat nih.menurut mas blog saya berat gak?????apa ada saran??maklum nih masih newbie alias baru :D

Posting Komentar

BERI KOMENTAR DAN KRITIKAN ANDA, SUPAYA BLOG INI MENJADI LEBIH BAIK.
KOMENTAR SPAM AKAN SAYA HAPUS.