Selasa, 14 September 2010

Mencari jejak alien (ETI)




Apakah kita hanya sendirian dalam alam raya yang luas ini?
Beberapa misi antariksa yang dikirim ke bulan dan planet planet menunjukkan hanya bumilah tempat yang nyaman untuk berlangsungnya kehidupan.
Tetapi mungkinkah ada jenis kehidupan di tempat lain,selain yang kita temui di bumi? Belum di dapat bukti mengenai hal ini.
Percobaan di laboratorium bumi menunjukkan bahwa beberapa bentuk kehidupan sederhana,seperti ganggang, dapat berlangsung pada keadaan di planet mars.Tetapi misi Viking yang dikirim ke Mars belum menunjukkan adanya kehidupan di sana.
Apakah kita bisa menghubungi ETI-ETI itu?
Andaikan ada ETI di sebuah planet lain yang sudah memiliki peradaban maju seperti manusia atau bahkan lebih maju, Ttentunya ETI itu berkeinginan seperti kita untuk berhubungan dengan makhluk berakal di tempat lain. Apa yang akan di lakukan mereka?
Yang paling mudah, mereka mengirim sinyal-sinyal radio dengan isyarat isyarat tertentu melalui pemancar pemancar radio mereka yang besar.
Andaikan ada ETI yang menangkap sinyal-sinyal radio kita dan mereka menjawabnya, berapa lamakah kita dapat menangkap jawaban mereka? Sangat lama, karena jarak bintang itu sangat jauh, puluhan bahkan ratusan tahun cahaya. Gelombang radio merambat dengan kecepatan yang sama seperti cahaya. Sinyal radio kita baru sampai ke sana setelah puluhan bahkan ratusan tahun. Jika mereka menjawab, kita harus menunggu jawabanya dalam waktu yang sama. Hubungan antar bintang hanya dapat di lakukan dalam waktu yang lama, dari suatu generasi manusia,ke generasi berikutnya.

KESIMPULAN
Sungguh besar jagad raya ini.Matahari,bumi,apalagi manusia, bagaikan sebintik debu dalam alam raya yang luas.
Astronomi dewasa ini telah maju pesat. Berbagai alat modern dibuat orang untuk membuka tabir rahasia alam. Ribuan orang bekerja mengolah data yang diperoleh dari berbagai teropong optis, teropong radio, dan satelit buatan. Demikian pula komputer komputer besar bekerja ribuan jam setiap tahun untuk membantu kerja para astronom.
Dengan mengetahui kebesaran alam dan keteraturan di dalamnya, makin besarlah keyakinan kita pada tuhan yang maha esa yang telah menciptakanya semua itu.

1 komentar:

NABIEL AMRU mengatakan...

Menurut pendapat kalian gimana?...

Posting Komentar

BERI KOMENTAR DAN KRITIKAN ANDA, SUPAYA BLOG INI MENJADI LEBIH BAIK.
KOMENTAR SPAM AKAN SAYA HAPUS.