Selasa, 21 Desember 2010

Gerhana Bulan Ciptakan Malam Terpanjang 2010


Malam terpanjang 2010 bisa menjadi titik balik matahari di musim dingin tergelap selama 456 tahun. Ini terkait gerhana bulan dan fenomena matahari yang terjadi bersamaan.

Gerhana bulan penuh dan peristiwa titik balik matahari yang terjadi bersamaan, merupakan kejadian sangat langka, yang muncul sekali dalam 456 tahun. Namun, banyak pemuka agama yang menganggap peristiwa itu menandakan keberadan energi kosmik yang besar. Demikian dikutip dari Newser.

Titik balik matahari dinilai sebagai sebuah kelahiran kembali dari matahari sedangkan gerhana bulan dianggap seolah Wiccans karena menandakan interaksi energi matahari (lambang pria) dan energi bulan (lambang perempuan).

Gagasan bahwa matahari dan bulan berada dalam titik paling gelap mereka di saat bersamaan merupakan peristiwa yang langka. Sama seperti masa kepulangan kembali, ujar pemuka kepercayaan Wiccans.

Ketika titik balik matahari yang terjadi di musim dingin bersamaaan dengan gerhana bulan penuh pada 1554, peristiwa itu menyebabkan tahun paling gelap secara politik di Inggris. Namun, para ilmuwan menilai kejadian tersebut hanyalah kebetulan.

“Peristiwa itu memang sangat jarang namun memiliki arti yang mendalam,” ujar astronom di Carleton University.

0 komentar:

Posting Komentar

BERI KOMENTAR DAN KRITIKAN ANDA, SUPAYA BLOG INI MENJADI LEBIH BAIK.
KOMENTAR SPAM AKAN SAYA HAPUS.